Mengenal Lukisan Gua Tertua Di Dunia

Mengenal Lukisan Gua Tertua Di Dunia – Gua Chauvet adalah gua arkeologi yang terletak di Lembah Ardeche, Perancis tenggara. Gua ini ditemukan pada bulan Desember tahun 1994 oleh tiga orang speleologis  (penjelajah gua) bernama Christian Hillaire, Eliette Brunel-Deschamps dan Jean-Marie Chauvet yang menemukan pintu masuk gua di bawah tanah. Nama gua itu kemudian dinamakan dari salah seorang anggota penjelajah yakni Jean-Marie Chauvet. Gua ini merupakan gua terbesar di wilayah tersebut dan sangat penting bagi penelitian arkeologi karena menjadi situs 300 lukisan dinding, ukiran dan artefak  tulang  belulang hewan  seperti beruang  paleolitikum, jejak kaki dan sisa perapian manusia prasejarah.

Mengenal Lukisan Gua Tertua Di Dunia

Lukisan Di Dinding Gua Chuvet, Di Wilayah Ardeche, Selatan Perancis

Berdasarkan analisis perhitungan radio karbon, artefak-artefak tulang tersebut berasal dari 30.000 SM. Lukisan-lukisan dinding yang terlukis di dinding gua menggambarkan hewan-hewan seperti badak, singa, kucing liar besar dan mammoth. Terdapat 34 gambar lukisan mammoth yang dari kesemuanya 22 diukir di batu dan 13 buah dilukis di permukaan dinding.

Salah satu bagian serambi dinamakan Panel Singa, yang memiliki gambar berbagai macam hewan yang memenuhi dinding lorong. Lukisan-lukisan ini diperkirakan dilukis antara 25.000 SM-17.000 SM. Hewan-hewan tersebut antara lain 3 ekor singa besar dan beberapa yang lebih kecil, serta badak-badak. Lukisan ini memiliki bayangan, terutama pada bagian atas yang berlapis-lapis. Di bawah singa terdapat jejak-jejak pigmen merah dan garis dasar yang menggambarkan rusa. Diperkirakan lukisan berwarna dasar merah lebih dahulu diciptakan.

Lukisan Gua Tertua Di Dunia

Banyak sekali lukisan gua zaman purba yang ditemukan di seluruh dunia. Tapi lukisan mana yang paling tua? Prancis.

Seperti dikutip dari RawStory, lukisan beruang, badak dan kuda di gua Chauvet, wilayah Ardeche, selatan Perancis, yang sebelumnya diperkirakan berusia sekira 12.000 hingga 17.000 tahun lalu.

Lukisan gua itu pun masuk sebagai bagian kebudayaan Magdalenian, yang para leluhur manusia modern menggunakan alat-alat seperti batu dan tulang, untuk menulis dan menggambar.

Namun uji karbon terbaru di situs itu menunjukkan bahwa lukisan gua Chauvet usianya jauh lebih tua, yakni sekira 30.000 hingga 32.000 tahun lalu, membuatnya dijuluki sebagai bentuk seni primitif tertua.

Sumber : Wikipedia – Inilah.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s