sepeda-motor-Honda-yang-pertama-kali-dijual

Perbedaan Sepeda, Motor Dengan Sepeda Motor

Perbedaan Sepeda, Motor Dengan Sepeda Motor – Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Velocipede - Sejarah Sepeda

Sepeda Jaman Dulu yang belum memiliki Gear, ban karet, rantai.

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Sepeda Untuk Dua Orang Tahun 1886

Sepeda Untuk Dua Orang Tahun 1886 yang belum mengunakan ban karet,gear,rantai dan memiliki roda lebih dari dua

Banyak sekali para penemu yang mulai menyempurnakan Kendaraan dua roda itu, Seperti

  • Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan pedal khusus untuk sepeda pada tahun 1839.
  • Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil.
  • Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg).
  • John Dunlop menemukan teknologi ban angin pada tahun 1888. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.

Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

Mengenal motor Dan Fungsinya

Sebuah motor adalah mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak. Alat yang dapat menguah panas menjadi gerak biasanya disebut sebagai mesin, yang mempunyai banyak sekali tipe. Salah satu tipenya adalah mesin panas seperti mesin pembakaran dalam yang bekerja dengan membakar bahan bakar dan udara, dan menggunakan gas panas yang dihasilkan untuk menghasilkan tenaga. Mesin pembakaran luar, contohnya mesin uap menggunakan panas untuk menghasilkan tenaga melalui cairan terpisah.

Sebuah Motor Mesin

Foto sebuah Motor atau mesin

Motor adalah mesin yang merubah energi listrik menjadi energi mekanis. Pada motor arus searah (motor DC) energi listrik yang diubah adalah energi arus searah yang berasal dari sumber tegangan listrik arus searah. Dimana sumber tegangan ini dihubungkan kepada rangkaian medan dan rangkaian jangkar dari motor tersebut.

MOTOR DC

Foto Sebuah Universal Motor DC

Tipe umum dari sebuah motor adalah motor elektrik. Motor ini bekerja dengan sumber dari listrik dan menghasilkan gerak melalui medan elektromagnetik.

Jadi Apakah Sepeda Motor Itu.

Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil. Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.

Motor Halrley Davidson Tahun 1905

Sebuah Sepeda Motor Halrley Davidson Tahun 1905

Pada tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).

Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).

Kesimpulan Perbedaan Sepeda, Motor Dengan Sepeda Motor

Sebuah sepeda motor adalah kendaraan beroda dua (Awalnya Sepeda) yang ditenagai oleh sebuah Motor(mesin). Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan pada setang, Setang dapat memberikan kestabilan bagi pengendara.

Motor BMW

Sepeda Motor masa kini

Sepeda Motor banyak variasinya: beberapa sepeda motor dilengkapi dengan papan kaki dan bukan “gagang injekan”, seperti sepeda motor Tiongkok, dan mobil samping dan juga beroda tiga, yang biasa disebut sebagai trike.

Sumber : Wikipedia Dan berbagai sumber lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s